Ads Top

Hanya di Aceh, Minum Kopi dalam Gelas Terbalik


Minum kopi dalam gelas tentu hal yang biasa. Namun apa jadinya jika minum dalam gelas terbalik (telungkup)? Pastinya terlintas dalam pikiran kamu kopinya akan tumpah bukan?

Tradisi seperti ini sudah berlangsung lama di Aceh, terutama pesisir barat Aceh. Masyarakat di sana menemukan cara unik menikmati kopi, yaitu dengan gelas terbalik. Namanya kupi khop atau kopi dengan gelas telungkup.

Jangan khawatir, kopinya tidak akan tumpah karena gelas ditutup dengan piring kecil.


Lalu bagaimana menikmatinya?


Cukup gampang, tinggal ambil sedotan, dan tiup ke bibir gelas agar kopinya merembes ke dalam piring. Tunggu agak dingin dulu guys. Tenang rasanya tetap kopi pada biasanya.

Uniknya, ampas kopi tetap dimasukkan dalam gelas. Oleh sebab itu, saat meniup bibir gelas harus dilakukan dengan teliti agar ampas kopi tidak ikut keluar.

Meskipun asalnya dari pesisir barat Aceh, namun saat ini, kupi khop bisa dinikmati di ibukota Aceh, Banda Aceh. Tidak mahal, harganya masih cocok dengan isi dompet anda.

Saat ini kupi khop dianggap sebagai salah satu sensasi menikmati kopi di daerah penghasil kopi tersebut. Tidak hanya para lansia, kupi khop juga diminati oleh para remaja.
Powered by Blogger.