Ads Top

Menatap Panjupian; Pemandian Putri di Tapaktuan





Aceh Selatan merupakan sebuah kabupaten di sebelah selatan Aceh yang kaya dengan keindahan alam.

Sepanjang jalan nasional menuju Sumatera Utara, kawasan Aceh Selatan dihiasi lautan di sepanjang kanan jalan dan pegunungan yang rindang di sisi kiri jalan. Tak heran jika kelebihan alam yang dikaruniai Tuhan itu, dimanfaatkan sebagai objek wisata alam oleh warga setempat.

Salah satunya Panjupian, sebuah kawasan yang terletak sekitar 7 Km dari Kota Tapaktuan. Panjupian merupakan area pemandian yang terletak di kaki gunung Batang Sagu, tepatnya di Kecamatan Tapaktuan, Aceh Selatan. Hanya memakan waktu sekitar 10 menit untuk sampai ke area pemandian itu dari Kota Tapaktuan.

Di Pemandian Panjupian terdapat sebuah sungai yang dialiri air bersumber dari celah bebatuan yang terletak di kaki gunung Batang Sagu. Para pengunjung bisa melihat sendiri mata air tersebut, karena masih terletak dalam kawasan pemandian.

Mata air yang terletak di kaki gunung Batang Sagu itu tidak henti-hentinya mengeluarkan butiran air yang biasa dimanfaatkan oleh warga untuk mandi, minum dan bertani.

Konon, menurut warga setempat, pemandian Panjupian dipercaya sebagai tempat pemandian anak Putroe Ijo, namun hal itu hanyalah sebuah legenda yang telah menyebar dari mulut ke mulut.

Di hari libur, area pemandian Panjupian tidak sepi-sepinya dikunjungi pengunjung, menurut Edi Saputra seorang warga Panjupian, pada hari Libur kunjungan ke Panjupian mencapai ratusan orang.

Setiap warga yang berkunjung ke Panjupian akan dikenakan biaya sebesar Rp 2000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5000 bagi pengendara roda empat.

Di area pemandian Panjupian, para pengunjung akan disuguhi panorama alam pegunungan dan sebuah sungai mengalir deras yang dipenuhi batu-batu besar, sungai tersebut dinamakan sungai Air Gadang.

Sungai yang dipercaya sebagai pemandian anak Putroe Ijo tersebut mengalirkan air yang begitu segar serta bisa dinikmati untuk bermain air oleh pengunjung berbagai kalangan karena kedalaman sungai hanya setinggi betis orang dewasa.

Selain itu di areal pemandian Panjupian juga telah tersedia sejumlah kolam renang yang telah disesuaikan untuk pengunjung berbagai umur.

Di sekitar areal pemandian juga telah disediakan sejumlah pondok bagi pengunjung yang ingin bersantai sembari menikmati keindahan ciptaan Tuhan di Panjupian. Tidak hanya untuk makan-makan, warga juga bisa melakukan berbagai aktivitas di kawasan itu seperti membakar ikan dan memasak.

Angin sepoi-sepoi dan suara dentaman air pada bebatuan besar di sungai Air Gadang menambah kesan pengunjung. Pepohonan tinggi dan suara kicauan burung masih terdengar di area pemandian itu. Menandakan, kelestarian alam di Panjupian masih tetap terjaga, walaupun sudah dijadikan objek wisata.

Tak heran, dengan keindahan alam itu, menjadikan Panjupian sebagai salah satu sebuah objek wisata Aceh Selatan yang menjadi rekomendasi wisata keluarga.

Nah bagi Anda yang berkunjung ke Aceh Selatan, jangan lupa berkunjung ke Panjupian, dijamin, keindahan alam di Panjupian akan menjadikan anda lebih tenang dan semangat.

Tulisan ini sudah pernah tayang di Media Aceh
Powered by Blogger.