Ads Top

Bude Trieng Bikin Belanda Kalang Kabut

Bude Trieng atau Meriam Bambu

Bude Trieng atau meriam bambu bukanlah senjata pembunuh seperti meriam pada umumnya, Bude Trieng hanyalah sepotong bambu kecil yang sedikit dilubangkan pada ujung badan bambu agar dapat di bakar, dari bambu yang telah dimasukkan minyak tanah dan karbit  tersebut nantinya akan menimbulkan suara ledakan ketika dibakar melalui lubang kecil tersebut.

Konon, Bude Trieng bukanlah mainan, meskipun sekarang dimainkan oleh anak-anak.

Dahulu, Bude Trieng adalah senjata untuk menipu colonial Belanda yang semena-mena masuk ke Aceh, suara ledakan Bude Trieng sangat menggelegar, sehingga para penjajah mengira bahwa para pejuang memiliki senjata yang begitu canggih.

Alhasil, ketika Belanda mendengar dentuman Bude Trieng, mereka lari terbirit-birit meninggalkan tempat yang awalnya ingin digempur.

Kelihaian orang Aceh dalam berperang, patut diacungi jempol, mereka punya sejuta cara untuk membuat Belanda kalang kabut, Bude Trieng salah satu contohnya.

Sekarang Bude Trieng tinggallah mainan anak-anak menjelang lebaran, beberapa malam menjelang lebaran, dentuman Bude Trieng sudah terdengar di kampung-kampung  yang ada di Aceh.

Masyarakat Aceh biasanya membakar Bude Trieng di samping aliran sungai atau irigasi, agar suara ledakan terdengar lebih meriah dan suara ledakan itu dapat terdengar jauh mengikuti aliran sungai. Jenius bukan?


Meskipun membakar Bude Trieng bukan anjuran, tapi yang namanya adat, mau tidak mau harus tetap dijalankan.

1 comment:

  1. hahahahaha,,,, sang lage peuyo lutong heuh. masak urueng yo keu bude trieng

    ReplyDelete

Powered by Blogger.