Ads Top

Prof Teuku Jacob, Pakar Paleoantropologi Aceh yang Disegani Dunia Internasional


prof jacob rektor Ugm, ahli paleonatropologi Indonesia Asal Aceh

Prof Teuku Jacob merupakan salah satu pakar Paleoantropologi Indonesia yang cukup disegani di dunia internasional. Beliau dilahirkan di Peureulak, Aceh Timur  pada 6 Desember 1929.

Temuannya tentang manusia Flores sampai sekarang masih mengundang perdebatan, sebagian ahli menilai manusia Flores adalah spesies tersendiri dari manusia, sementara Prof Jacob bersikukuh pada pendapatnya bahwa manusia Flores adalah manusia biasa namun mengalami kelainan hingga tubuhnya kerdil.
prof jacob rektor Ugm, ahli paleonatropologi Indonesia Asal Aceh

Sedikit saja beliau berpendapat tentang sebuah temuan, pendapat beliau tersebut kemudian menjadi bahan pertimbangan penelitian para ilmuan lainnya. Begitulah kejeniusan almarhum Prof T Jacob.

Sebelum meninggal dunia pada 2007, Prof Jacob pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Gajah Mada (UGM), pada periode 1981-1986.

Berbagai pendapat dikemukakan oleh rekan-rekan almarhum terhadap sikap beliau semasa hidupnya, antara lain almarhum Prof Jacob adalah ilmuwan sejati yang mengedepankan kedisiplinan terutama soal waktu.

Pernah berkali-kali ketika ada janji dengan wartawan untuk wawancara, saat wartawan yang akan bertemu itu terlambat lima menit saja dia sudah tidak bersedia menerima wawancara tersebut.

Almarhum Prof Jacob adalah seorang yang gigih dalam menuntut ilum, awalnya beliau kuliah di Fakultas Kedokteran UGM dan tamat tahun 1956, kemudian almarhum melanjutkan studi ke Universitas Arizona. Setelah lulus almarhum tidak puas di situ beliau kembali melanjutkan study ke  Howard University, dan dilanjutkan 'dengan Rolating Intership di Provindence Hospital sampai tahun 1961.

Pada tanggal 17 Oktober 2007 di usianya ke 77, Prof Jacob tutup usia dan dimakamkan di pemakaman keluarga besar UGM Sawitsari dengan upacara militer. 
prof jacob rektor Ugm, ahli paleonatropologi Indonesia Asal Aceh

Semoga, sepeninggalnya, Aceh mampu melahirkan para ilmuwan lain yang dapat menggemparkan dunia internasional denga berbagai temuan.

No comments:

Powered by Blogger.