Ads Top

Kuah Pliek U dan Ikan Asin Lambang Pemersatu


Kuah Pliek U adalah sebuah hidangan khas masyarakat Aceh, setiap rumah makan di Aceh menghidangkan kuah ini sebagai menu utama. Kuah pliek U disajikan dengan nasi dan akan sangat nikmat jika dinikmati ketika siang hari apalagi ditambah dengan ikan asin yang akan menggugah selera makan

Setiap acara ( kenduri) di Aceh akan menghidangkan Kuah Pliek U sebagai hidangan utama, bahkan pesona kuah Pliek U ditambah ikan asin dapat mengalahkan hidangan daging lembu dan kambing yang juga sering disajikan di setiap acara adat masyarakat Aceh, biasanya para juru masak akan memasak kuah Pliek U didalam satu kuali yang besar dan kemudian dihidangkan dan disantap bersama-sama.

Seperti yang saya jelaskan tadi, bahwasanya kuah Pliek U akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan ikan asin, ini akan menambah keunikan tersendiri bagi kuah Pliek U, mungkin bagi sebagian orang memandang ikan asin sebagai makanan yang sederhana, namun sekaya apapun anda, saat mengkonsumsi kuah Pliek U akan terasa nikmat jika disajikan bersama ikan asin, bahkan kalau ada yang menghidangkan daging di tengah kenduri yang juga disajikan kuah Pliek U sebagai hidangan utama, orang Aceh akan menyantap kuah Pliek U bersama ikan asin dan daging akan dikesampingkan, mungkin  itu juga yang menjadi filosofi bahwa yang sederhana itu belum tentu tidak nikmat.
Kuah Pliek U menjadi favorit setiap kalangan di Aceh, baik itu pengusaha atau petani, malah makanan ini akan lebih terasa nikmat jika dinikmati di balai di tengah area persawahan dengan angin yang berhembus sepoi-sepoi, apalagi dimakan secara bersama-sama, dalam kalangan masyarakat Aceh disebut Meuramin ( Makan bersama-sama di suatu tempat )  biasanya di pegunungan, persawahan atau pantai yang punya keindahan secara alamiah.
Bahan baku utama yang menjadi asal penamaan kuah Pliek U adalah Pliek atau ampas minyak kelapa yang diperoleh dengan proses pembusukan dan pemerasan kandungan minyaknya. Ampas yang telah tidak mengandung minyak tersebut lalu dikeringkan dan selanjutnya dijadikan bahan utama pembuatan kuah Pliek U. selanjutnya untuk membuat kuah Pliek U dibutuhkan beberapa sayur-sayuran yang nantinya akan dimasak bersama dengan Pliek.

Dikalangan masyarakat Aceh gulai ini dipercaya bisa meningkatkan gairah dan kekebalan tubuh, yang disebabkan oleh kandungan vitamin dan gizi yang terkandung dari bahan alami makanan ini, tidak hanya itu rasa khas kuah Pliek U akan membuat setiap perantau akan rindu kampung halaman.
 
Selain itu proses memasak gulai ini seringkali dilakukan secara berkelompok oleh ibu-ibu yang bertempat tinggal berdekatan, membuat kuah ini dilambangkan sebagai makanan perekat tali persaudaraan dan kekompakan antar keluarga. 

Meskipun terkadang ibu-ibu memasak kuah Pliek U di rumah secara sendiri-sendiri, tetangga kiri kanan rumah tersebut juga akan merasakan nikmatnya kuah Pliek U, karena sudah menjadi kebiasaan orang Aceh, kalau memasak kuah Pliek U tidak hanya untuk disantap sendiri, tapi juga untuk dibagi-bagikan kepada tetangga kiri-kanan rumah atau bahkan untuk sanak saudara yang ada di kampung yang berbeda.

No comments:

Powered by Blogger.