Ads Top

Timphan, Penganan Khas Aceh yang Mendunia


                 
Timphan merupakan salah satu penganan khas Aceh,Timphan terasa manis karena terbuat dari tepung ketan, santan, serta pisang, dan kemudian dibalut daun pisang muda yang sudah diolesi minyak, agar tidak lengket di daun saat dimakan.                 

Setiap warung kopi di Aceh, setiap paginya menghidangkan Timphan sebagai cemilan yang menemani kopi  di pagi hari, bahkan  setiap lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha, disaat bertamu ke rumah-rumah orang Aceh, anda akan dihidangkan berbagai kue kering dan juga Timphan. Biasanya pemilik rumah mulai membuat Timphan, satu atau dua hari sebelum lebaran, dan makanan ini bisa bertahan hingga satu minggu. 

Ada beberapa variasi Timphan, ada yang berisi kelapa, telur, dan durian. Namun, yang paling banyak diminati adalah Timphan yang isinya terbuat dari telur, sering disebut Srikaya.

Bagi orang Aceh, baik tua maupun muda, Thimphan sudah menjadi makanan favorit, terasa tidak lengkap jika lebaran Idul Fitri atau Adha tanpa dihidangi Timphan. Dan bagi yang di perantauan hal yang paling diingat selain orang tua dan handai taulan adalah Timphan. Bukan orang Aceh namanya, kalau tidak kenal Timphan.

Penulis: Wildan El Fadhil, Siswa Sekolah Hamzah Fansuri

No comments:

Powered by Blogger.