Ads Top

Certa Kilas Balik Rumah Adat Aceh "Rumoh Aceh"

 

Seperti hal nya daerah lainnya di Indonesia yang memiliki kekhasan tersendiri dalam membangun rumah, Aceh juga tak kalah gemilangnya . Rumah adat Aceh lebih dikenal dengan Rumoh Aceh (Rumah Aceh). Rumah dengan bentuk khas dan keistimewaan ini tidak serta merta dibangun sesuai dengan hasrat yang membangun namun mengandung unsur-unsur keislaman yang yang mengajarkan moral dan asas- asas kebajikan.

 Aceh yang kental dengan islamnya tak mau meninggalkan unsur keislaman itu dalam sebagian aktivitas kehidupan dan memanfaatkannya dalam sebagian lainnya, begitu pula dalam membangun rumah, dari setiap celah pembangunan dan manfaat dari segala sisi rumah tak luput dari nilai-nilai keislaman yang menjunjung tinggi ketinggian moral.Rumah ini merupakan rumah dengan bentuk seragam, yang berbentuk persegi panjang yang memanjang dari timur ke barat arah ini disesuaikan dengan arah kiblat.



Namun sangat disayangkan, saat ini jumlah Rumoh Aceh sudah tersisihkan dengan bangunan modern, masyarakat Aceh saat ini lebih suka  membangun rumah dengan model yang dikenal di abad milenium  , mungkin disebabkan perawatan rumah ini menghabiskan biaya yang lebih besar dibandingkan  dengan perawatan rumah yang lebih kita kenal sekarang, dan juga untuk mendapatkan material pembangunan rumah Aceh juga sudah sangat sulit di dapatkan.


No comments:

Powered by Blogger.